PROFIL KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN
UPT SMKN 1 SIDRAP

A. IDENTITAS

Nama Kompetensi Keahlian : Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
Nama Ketua Kompetensi Keahlian : Drs. Muslimin, M. Si
Tahun Dibentuk :  
Perubahan Nama


 
:


 
1. Jurusan Tata Usaha
2. Jurusan Sekretaris
3. Jurusan Administrasi Perkantoran
4. Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran
Jumlah Rombel per Januari 2020 : 9 Kelas
Kuota Setiap Rombel : 35 Orang
Fasilitas Kompetensi Keahlian


 
:


 
1. Ruang Belajar ………….9 Ruang
2. Ruang Praktek Siswa …..1 Ruang
3. Ruang Ketua KK…………1 Ruang
4. Alat Praktek Adm. Perkantoran
Nama Ketua RPS Sekretaris : Dra. Hasmiati, M.Si

B. PROFIL LULUSAN KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN

1. Kompetensi awal yang harus dikuasai untuk  bergabung dengan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran :

  1. Mampu membaca dan menulis  dan menghitung dengan baik
  2. Mampu mengoperasikan computer/laptop
  3. Memiliki kecendenrungan untuk mengembangkan kemampuan dalam hal  administrasi dan organisasi

2. Jabatan bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran:

  1. Administrasi Perkantoran Yunior
  2. Juru Tata Usaha Kantor
  3. Juru Tik
  4. Resepsionis
  5. Operator Komputer Sekretaris
  6. Operator telepon, telex dan faximile
  7. Arsiparis / agendaris
  8. Petugas humas / Keprotokolan

3. Kompetensi Tamatan:

  1. Menguasai teknik bernegoisasi  (komunikasi yang efektif) baik langsung maupun On line
  2. Mampu merencanakan, melaksanakan dan mengorganisasi pertemuan./rapat
  3. Menguasai pengelolaan surat/dokumen
  4. Mampu mengelola administrasi keuangan
  5. Menguasai teknik kearsipan
  6. Mampu mengoperasikan mesin-mesin kantor

4. Dapat melanjutkan ke perguruan tinggi  maupun sekolah kedinasan  yang relevan