Sidrap - Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online 2019 untuk jenjang SMA dan SMK Negeri yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah berlangsung sejak 17 Juni 2019 hingga 3 Juli 2019 untuk tahap pertama.

Tahun Ini, Pemprov Sulsel membuka empat jalur pendaftaran yaitu Prestasi, Perpindahan Orang Tua, Afirmasi, Zonasi untuk SMA dan Akademik untuk SMK.

SMKN 1 Sidrap menjadi salah satu sekolah penyelenggara PPDB Online 2019 yang menerima kuota sebanyak 385 peserta didik baru.

Adapun nantinya peserta didik yang diterima memiliki lima pilihan kompetensi keahlian yaitu Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan Lembaga, Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknik Komputer dan Jaringan serta Multimedia.

Salah seorang peserta didik baru, Andi Kirana mengatakan, pelayanan panitia PPDB di SMKN 1 Sidrap sangat baik. 

"Pelayanan peserta di sini sangat baik, kami dilayani dengan sangat ramah," katanya. 

Senada dengan Andi, Indah Permatasari yang juga merupakan peserta didik baru di SMKN 1 Sidrap menyampaikan, sangat puas mendapatkan pelayanan yang baik dari panitia PPDB di sekolah yang dikenal dengan SMEA Pangkajene ini. 

"Saya sangat terkesan, petugas PPDB di sini begitu ramah dan sistem online ini pun menurut saya begitu objektif dan transparan, jadi saya berharap sistem ini ke depan terus berlanjut," tuturnya. 

Tidak hanya para peserta didik, ternyata para orang tua peserta didik pun merasa dimudahkan dengan adanya sistem pelaksanaan PPDB online. 

 “Pelayanan PPDB saat ini baik, lancar dan teratur, kami sebagai orang tua merasa tenang dan hal ini luar biasa," ungkap Andi Sarampa yang merupakan salah seorang orang tua peserta didik  baru.

Sementara La Sirihi, yang juga merupakan orang tua peserta didik baru mengapresiasi kinerja panitia PPDB yang baik dan berharap agar terus ditingkatkan lagi. 

“Panitia PPDB yang terlibat telah memberikan pelayanan yang baik dan memiliki pelayanan yang sangat terkonsep. Saya pikir ini positif dan saya harap dapat ditingkatkan lagi atau minimal dipertahankan” ujarnya.

Lebih lanjut La Sirihi berpesan agar para peserta didik baru dapat menjalankan pendidikan dengan baik, sehingga lulusan SMK dapat diterima oleh stakeholder. 

“Pendaftar di sekolah ini sangat banyak sehingga tidak dapat ditampung semua, karenanya saya berpesan agar para peserta didik baru dapat menjalankan pendidikannya dengan baik, tidak menyia-nyiakan kesempatan yang ada, sehingga nantinya fapat diterima oleh kalangan pemerintah maupun industri,” tandas La Sirihi. 

Nurul Hasanah, Ketua Panitia PPDB SMKN 1 Sidrap, Mengapresiasi pelaksanaan PPDB yang diselenggaran oleh Pemprov Sulsel. "Sistem pemusatan data menjadi jaminan transparansi dan objektifitas pelaksanaan PPDB Tahun ini, sehingga tidak ada lagi manipulasi data yang dapat dilakukan oleh pihak sekolah. Sistem online seperti ini, menjadi edukasi bagi masyarakat dari praktek kecurangan dan praktek jatah - jatah" Ungkap Nurul. 

Senada dengan orang tua peserta didik, Nurul berharap Sistem PPDB online terus dikembangkan dan dimaksimalkan dalam pelaksanannya. "Penyelenggaraan PPDB sistem Online kami harap terus berkembang dan disempurnakan, sosialisasi terkait sistem PPDB juga menjadi dukungan positif dalam memaksimalkan kinerja PPDB kedapannya" Harap Nurul.

Untuk diketahui, pelayanan PPDB Online 2019 untuk SMKN 1 Sidrap telah berakhir pada Rabu, (3/7/2019) dan peserta didik baru akan memulai pengenalan lingkungan sekolah pada Senin (15/7/2019) mendatang.