Sidrap - Pelaksanaan Ujian Akhir Semester(UAS) Genap di SMKN 1 Sidrap dimulai sejak senin kemarin (10/6). Pada pelaksanaan UAS di SMKN 1 Sidrap sangat berbeda dengan sebelumnya, pasalnya UAS pada semester ini menggunakan sistem online berbasis Android. "Ujian Semester tahun ini kami lakukan berbeda dengan semester kemarin. UAS kali ini menggunakan sistem online berbasis android dengan memanfaatkan aplikasi google form." Ujar Mu'usnada Sekretaris Panitia UAS SMKN 1 Sidrap.

Nada sapaan Mu'usnada juga menyampaikan kemudahan bagi peserta didik dan tenaga pendidik serta tenaga kependidikan dalam UAS Genap tahun ini. "Sistem seperti ini memberikan kemudahan dalam proses ujian, kemudahan ini berdampak kepada seluruh peserta didik, tenaga pendidik dan tenaga kependidikan. Saya berharap hal seperti ini bisa dilanjutkan dan dikembangkan kedepannya." Jelas Nada.

Pelaksanaan UAS sistem online pun masih memiliki kendala tetapi hal ini tidak mengganggu proses ujian dan merugikan peserta didik. "Dalam pelaksanaannya UAS dengan sistem online masih ada beberapa kendala tetapi pihak sekolah memang sudah memiliki pengalaman dalam menghadapi pelaksanaan Ujian Sekolah dan Ujian Nasional yang sistem online." Tandas Nada.

Sistem online menjadi wujud dalam implementasi revitalisasi pendidikan SMK dan pelaksanaan revolusi industri 4.0 dibidang pendidikan. "Ujian dengan sistem online dan memanfaatkan android seperti ini menjadi wujud dukungan kami dalam revitalisasi pendidikan SMK. Hal ini juga membawa kita dalam pelaksanaan revolusi industri 4.0, kita tidak boleh ketinggalan." Ujar Suleman, Kepala UPT SMKN 1 Sidrap.